Search This Blog

Friday, May 17, 2013

Tips Tempat Membeli Burung



Beberapa tempat yang baik dan sering dilakukan dalam membeli burung kicau


1. Di Pasar atau kios burung
Jika kita hendak membeli burung dipasar atau kios burung, ketelitian, kejelian serta kesabaran sangat kita perlukan. Ada baiknya dipilih burung yang bakalan muda hutan atau trorolan. Sebaiknya hindarilah membeli burung tua atau yang setengah jadi, karena memiliki banyak resiko. Burung yang tua atau setengah jadi biasanya lincah dan tampak gesit (giras). Walaupun sudah memiliki bulu yang sempurna akan tetapi kicauannya masih ngriwik...


2. Di tempat penangkaran 
Ketika kita memutuskan untuk membeli burung di tempat penangkaran, keuntungan yang kita dapatkan diantaranya kita dapat mengetahui asal-usul keturunannyadengan jelas. Namun sebaliknya kerugian jika memebeli di tempat penangkaran adalah kita tidak dapat mengetahui prestasinya di arena kontes burung kicau. 


Sebaiknya beberapa hal yang harus kita perhatikan ketika ingin membeli burung di tempat penangkaran adalah:
  • Pastikan indukannya pernah juara, atau indukan yang pernah punya nama besar.
  • Pastikan penangkar mau mengganti jika ternyata dikemudian hari jenis kelamin burung tidak sesuai dengan harapan kita.
  • Pastikan anakan burung sudah mau makan sendiri. Akan lebih bagus lagi jika anak burung sudah mau makan voer.


3. Membeli dari teman
Jiak kita membeli burung dari, kita harus pastikan dan yakin bahwa teman tersebut adalah orang yang jujur dan memiliki track record yang baik. Memang membeli burung dari teman adalah salah satu cara yang relatif aman, karena kita sudah saling percaya.

4. Membeli burung di tempat LATBER (Latihan bersama).
   Keuntungan membeli burung di tempat Latber adalah kita dapat membeli burung dengan kualitas yang benar-benar baik sesuai dengan yang kita harapkan. Karena kita dapat melihat langsung performa burung di arena latber, sehingga kita dapat bebas memilih. Akan tetapi jika kita ingin membeli burung di arena latber, kita harus mempersiapkan dana yang relatif banyak, karena bisa dipastikan harga burung-burung tersebut akan relatif cukup tinggi. Pemilik burung kelangenannya pasti tidak akan mau melepas burung kesayangannya jika harga yang mereka ingin tidak kita penuhi. Jika terjadi negosiasi pasti akan memakan waktu yang cukup lama untuk mencapai kesepakatan harga.

      5.  Membeli burunng dari pemelihara hobi rumahan.
    Membeli burung hobi piara rumahan bukan hal yang gampang, karena biasanya penggemar rumahan memelihara burung hanya untuk kelangenan atau koleksi hobi saja. Mereka tidak mempersiapkan burung untuk lomba, tidak pula untuk dijual jika belum merasa bosan dengan burung piaraannya.

   Burung-burung dari para hobiis biasanya kebanyakan berkualitas baik, akan tetapi kurang perawatan. Namun, jika kita benar-benar menginginkan burung mereka, kita harus pandai-pandai untuk merayu pemiliknya serta berani untuk mengeluarkan dana yang cukup banyak. Setelah kita berhasil mendapatkan burung tersebut kita harus merawat dan melatih kembali burung tersebut sesuai dengan kriteria perawatan untuk lomba.

No comments:

Post a Comment