Search This Blog

Friday, May 17, 2013

Tips Meningkatkan Performa Burung Kicau


Salah satu cara menjaga kesehatan burung adalah dengan memberikan pakan yang tepat, seimbang, dan konsisten. Kesehatan fisik burung akan tercapai jika burung tercukupi dalam hal pakan, air, serta sinar matahari. Sedangkan untuk menjaga kesehatan mental burung, burung kelangenan harus kita usahakan agar burung tetap dalam kondisi riang burung tidak dalam keadaan tertekan.

Kicauan burung sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan burung. Baik kesehatan fisik terutama kesehatan mentalnya. Hal ini tidak dapat dipisahkan sama sekali. Sesehat apapun kondisi fisik burung, jika mental burung terganggu maka akan berpengaruh pada kondisi fisiknya. Burungpun akan menjadi mogok berkicau.

Jika serangga merupakan pakan utama burung, maka burung perlu diberi tambahan vitamin secara rutin dan berkala. Sedangkan untuk burung yang tidak kita berikan voer, maka wajib kita harus menambahkan suplemen, terutama vitamin. Jika pakan utamanya berupa buah, maka burung perlu kita berikan pakan tambahan berupa serangga secara teratur dan terukur. Sementara untuk burung yang pemakan biji-bijian maka kita perlu untuk sering memberikan serangga, sayur dan buah-buahan.


Hal yang paling penting dari itu semua adalah KONSISTENSI DALAM PEMBERIAN. Baik dalam hal takaran terutama jadwalnya. Pemberian pakan dengan jadwal yang tidak teratur dan takaran yang tidak terukur, ataupun jenis pakan yang sering berganti, hal ini dapat menyebabkan burung menjadi tidak stabil kondisinya. Berkaitan dengan hal masalah konsistensi inilah, maka para penggemar kicau mania harus menetapkan jadwal, jenis, serta takaran pakan yang akan kita berikan kepada burung kelangenan kita. Konsistensi juga perlu kita terapkan pada hal lain yaitu diantaranya memandikan, menjemur, serta perawatan burung yang lainnya.

No comments:

Post a Comment