Search This Blog

Friday, May 17, 2013

Tips Agar Membuat Ciblek Rajin Berkicau


Burung Ciblek
Ada beberapa cara untuk membuat burung ciblek menjadi rajin berkicau, jika ciblek kita memang terlihat terlalu pendiam, berikut saran yang dianjurkan:

  • Menggunakan cermin

Kaca atau cermin dapat kita pakai untuk membuat ciblek menjadi rajin ngoceh atau berkicau. Cara yang kita lakukan adalah dengan menggantungkan cermin kecil di tempelkan di sangkar burung ciblek bakalan, terutama untuk ciblek yang baru beberapa minggu atau beberapa bulan kita pelihara. Dapat juga kita mendekatkan sangkar burung dengan cermin yang besar. Cara ini hampir tidak memiliki resiko sama sekali, walaupun ciblek tidak akan langsung berkicau ketika didekatkan dengan cermin. Namun jika hal ini kita lakukan beberap kali, krlak burung akan menjadi rajin berkicau.

  • Menggunakan burung sejenis sebagai lawan tanding

Cara yang kita lakukan adalah dengan mendekatkan ciblek dengan ciblek lain, baik jantan atau betina. Namun yang harus kita perhatikan adalah umur perawatannya. Ciblek yang mentalnya lemah biasanya akan menjadi diam tidak mau berkicau ketika di adu. Namun cara tidak terlalu baik, karena akan membuat mental ciblek menjadi drop, bahkan bisa berakibat stres bagi burung, dan jika ciblek menjadi stres dapat kita dekatkan dengan ciblek betina.

No comments:

Post a Comment