Search This Blog

Friday, May 17, 2013

Tips Melatih Cucak Rawa Muda



Agar cucak rawa muda tidak takut, jangan kita dekatkan dengan sampai burung cucak rawa yang telah jadi  dan berkicau dengan keras. Biarkan burung muda mendengarkan kicauannya sendiri. Usahakan pula agar cucak rawa muda mendengarkan kicauan, irama, lagu burung cucak rawa yang sudah jadi. Setelah masa pemeliharaan sudah memakan waktu beberap lama atau 5 - 6 bulan, ataupun menurut keyakinan kita burung sudah memiliki mental yang cukup baik. Barulah kita coba untuk mendekatkan dengan burung cucak rawa yang sudah bagus, namun tidak boleh dalam waktu yang lama, cukup dengan waktu 20 – 30 menit.

Burung cucak rawa jika sedang bersemangat untuk berkicau terkadang sering tidak mengenal lelah dan waktu. Terlebih ketika melihat dan mendengar suara burung lain. Untuk mencegah hal ini kita dapat mengistirahatkan burung dengan mengkerodongnya dan menempakannya di tempat yang teduh di ruangan yang agak tertutup. Karena hal ini  jika kita biarkan terus berkicau seharian dapat menyebabkan pita suara burung menjadi rusak.

Cucak rawa yang memiliki banyak variasi kicauannya sangat digemari oleh para kicau mania. Jika kita ingin mendambakan burung seperti itu, maka kita harus melatihnya dengan menggunakan burung pemandu yang lainnya. Yakni dengan menggunakan burung cucak rawa yang sudah jadi atau menggunakan suara master dari perangkat lain seperti CD, DVD, HP dan lainnya. Kita dapat memperdengarkan suara ini pada pagi hari mulai dari pukul 07:00 – 09:00, lakukan secara berulang dan berkala 2 – 3 kali seminggu, hiingga cucak rawa muda mampu mengikutinya. Kemampuan ini membuat harga cucak rawa menjadi tinggi. Dapat pula menggantungkan sangkar cucak rawa di pohon yang lumayan tinggi dan tempat yang teduh, terlebih jika pohon tersebut berada dipinggir kolam atau air yang mengalir, karena hal ini sangat disukai oleh cucak rawa, dan membuat suasana terkesan alami dan cucak rawa akan merasa berada pada habitat aslinya.

No comments:

Post a Comment