Search This Blog

Friday, May 17, 2013

TIPS TIPS DUNIA KICAU MANIA

A. Tips Membeli Burung

Membeli seekor burung sangat memerlukan kejelian, ketelitian serta kesabaran. Ini relatif sama dengan jika kita membeli barang pada umumnya. Terlebih jika masih tergolong sebagai pemula. Sebelum kita menjatuhkan pilihan untuk membeli seekor burung, sabaiknya kita harus menentukan apa maksud dan tujuan kita dalam melakukan pembelian burung. Apakah kita hanya sekedar untuk memenuhi kesenangan saja, atau hanya sekedar ikut-ikutan tren yang berkembang disekitar kita, atau juga hanya sekedar untuk hobi, koleksi, atau bahkan untuk lomba atau kontes burung kicau. 

Berikut ini ada beberapa tips langkah yang dapat kita lakukan sebagai acuan dalam melakukan pembelian burung kicau:
  1.  Ajaklah teman untuk bersama-sama ke pasar atau tempat penjual burung.
  2. Cari penjual burung yang relatif jujur. Hal ini biasanya dicirikan dengan tempat berjualannya yang selalu ramai dikunjungi, koleksi burungnya berkualitas, biasanya penjual akan memberi tahu kita asal usul, kondisi, serta sifat burung yang dijual.
  3. Banyak bertanya kepada teman yang telah lebih lama atau berpengalaman dalam memelihara burung kicau, baik dalam hal koleksi, hobi, kontes atau bahkan ternak.
  4. Jenis kelamin burung yang kita beli harus kita ketahui, karena burung ocehan untuk kelas kontes, biasanya menggunakan burung yang berjenis kelamin jantan.
  5. Jika soerang penggemar burung untuk kontes maka yang lebih diperhatikan adalah suara kicaunya baik volume, irama lagunya. Mereka relatif tidak akan terlalu memperhatikan postur tubuh burung. Sedangkan untuk para kolektor biasanaya akan lebih memperhatikan kedua unsur tersebut baik suara maupun bentuk tubuh.
  6. Pertimbangan terakhir yang sangat penting dan harus kita cermati adalah kesehatan burung yang akan kita beli. Kita harus memperhatikan secara teliti, cermat, dan sabar dalam mengamati postur tubuh dan gerakannya. Burung yang sehat gerakannya akan terlihat licah, agresif, jika bersuara akan keras dan lepas. Tidak akan berkicau lemah dan setengan hati. Jika memilih burung yang masih piyik atau anakan atau masih trotol, sebaiknya kita perhatikan bulunya, bentuk sayap, jumlah bulunya serta suaranya. 
SEMOGA BERMANFAAT...!!!

No comments:

Post a Comment