Search This Blog

Monday, June 03, 2013

Mengenal Burung Kenari


Burung Kenari
Burung kenari (Serinus Canaria) sudah cukup lama dikenal dan dipelihara para penggemar burung kicau di tanah air. Kepopulerannya tidak hanya di Indonesia tetapi hampir di berbagai negara terutama di benua Eropa. Tidak mengherankan jika sangat digemari oleh para kaum ningrat pada zaman dahulu, bahkan kenari sering disebut dengan julukan sebagai burung “priyayi” oleh sebagian penggemarnya, karena pemeliharaannya yang relatif tergolong istimewa dan ada juga yang membuatkan tempat tersendiri untuk menghindari dari gigitan nyamuk.

A. Ciri Fisik Mudah Dikenali
Burung kenari sangat mudah dikenali karena warna bulunya yang sangat khas dan tampak terlihat selalu bersih, kenari termsuk golongan burung yang bertubuh kecil, berparuh tebal dan pendek, kaki yang putih transparan, tiga jarinya kedepan dan satu kebelakang. Ciri pain untuk mengenalinya adalah suara variasi kicauannya, keras, cepat, tajam, dan rapat, dan tenggorokannya akan menggelembung ketika sedang berkicau (untuk kenari yang jantan).
Jenis kenari yang sering kita temui pasaran ada cukup banyak, terkadang kita jumpai bentuk tubuhnya yang relatif aneh seperti kenari Yorkshire yang mirip seperti wortel. Ada pula kenari yang bulunya terbalik yang dikenal sebagai kenari Frill oleh para penggemar kenari. Namun pada umumnya setiap jenis kenari memilki jenis dan warna bulu yang berbeda sehingga bisa dibedakan penggolongan jenisnya.

B. Burung Kecil dari Keluarga Besar Fringilliade
Dari penelitian yang dilakukan oleh para ahli, burung kenari termasuk dalam keluarga fringilliade, penyebarannya meliputi kepulauan Canary, Madeira, dan Azores hingga Bermuda. Keluarga besar fringilliade jumlahnya cukup banyak dan tersebar hampir diseluruh dunia. Keluarga ini tergolong berjenis kecil seperti halnya burung Cardinal yang berasal dari Amerik Selatan yang dulu sempat meramaikan pasar burung di beberapa daerah. Di pulau Jawa menurut para ahli dijumpai satu jenis kerabat dekat kenari yang dikenal sebagai kenari melayu (Malay Goldfinch/Erinus Estherea) ukurannya tubuhnya sekitar 11 cm. Corak bulu kerabat kenari ini diperkirakan yang paling unik diantara kerabatnya karena memilki bulu yang sangat beragam disetiap bagian tubuhnya. Burung kenari sangat menyukai dataran yang cukup tinggi hingga ketinggia mencapai 1.500 mdpl. Keluarga kenari termasuk jenis burung tropika yang suka bermigrasi pada musim dingin.

Dalam perkembangannya, kenari membuat sarang yang berbentuk seperti cawan yang tebuat dari ranting-ranting kayu, serat, dan daun-daun kering. Biasanya sarang ini dibuat di tempat yang terbuka dan telurnya bejumlah 4-5 butur, dan masa mengeramnya biasanya dilakukan secara bergantian dengan pasangannya.


C. Kenari Eropa
Di dararatan benua Eropa dikenal sudah sejak abad XIV, burung kenari sangat di gandrungi kaum hawa dari kalangan atas atau para konglomerat dan petinggi pemerintahan di Eropa pada masa tersebut. Pada masa itu kenari dikenal sebagai burung “ningrat”, karena yang memeliharanya hanya golongan kaum tertentu saja. Ini bermula dari bangsa Spanyol yang membawa kenari liar dari kepulauan Canary yang ditaklukkannya pada masa penjajahannya.

Dari berabad-abad penyebarannya hingga mencapai ke beberapa negara Eropa lainnya seperti: Belanda, Jerman, Inggris, Perancis, Italia, Belgia dan Rusia. Pada masa itu negara eropa berlomba untuk menghsilkan kenari jenis baru, dengan mengawin silangkan kenari dari jenis lain yang ada di wilayahnya. Hal ini sangat dimungkinkan, karena kenari sangat mudah dikembangkan dengan kawin silang. Sampai ahirnya bermunculan beberapa jenis kenari di daratan Eropa dan dijadikan kenari unggulan bagi masing-masing negara, yang diantaranya Kenari Waterslanger yang berasal dari Belgia dikenal memiliki lebih dari 17 variasi warna suara. Kenari Jenis Holland dari namanya kita dapat menebak bahwa keneari jenis ini bedarkemungkinannya di kembangkan dari Belanda, ciri kenari dari belanda ini suaranya cukup tebal tetapi agak kotor dengan variasi suara yang cukup beragam. Negara Jerman juga memunculkan kenari unggulannya yang dikenal dengan sebutan kenari Roller (Edelroller) dengan keunggulan suaranya yang terus menerus menyambung ketika saat berkicau.

Kenari jenis Roller dan Waterslanger dulu pernah ada di pasaran namun lebih gampang dijumpai kenari jenis Holland, kenari Eropa lainnya yang ada di pasaran yang masih sering di jumpai adalah kenari Yorkshire dari Inggris, Frill, Crest, Gloster,  dan Border.

Namun dalam jumlah yang masih Kepada bulu dadanya yang lebat dan tampak terlihat terbalik, kenari jenis crest dikenal sebagai kenari yang fantasi karenanya bulu di kepalanya yang panjang hingga menutupi matanya, sementara belgian Fancy terlihat seperti burung yang cacat karena postur tubuhnya yang bungkuk.


D. Jenis Kenari yang ada dipasaran

Tidak semua jenis kenari dapat menyanyikan lagunya dengan sama baik dan bagusnya. Umumnya suara kenari menonjolkan naik turunnya gelombang suara, variasi, kocokan suara,  serta irama, namun kocokan suara yang membuat suara kenari enak didengar belum tentu dapat dilakukan kenari lainnya.

Mutu dan kualitas suara kenari sangat mempengaruhi harga jualnya. Namun terkadang mahalnya harga kenari tergantung dari keunikannya seperti kenari frill yang bulunya terbalik.  Tetapi harganya yang mahal membuatnya menjadi langka di pasaran.


Berikut ini beberapa jenis kenari yang sering kita jumpai dipasaran:

1.    Kenari Taiwan
Ciri fisik kenari taiwan tidak jauh berbeda dengan kenari umumnya yakni warna bulunya yang kuning, perbedaan kenari Taiwan dengan jenis kenari lain adalah bulunya yang tampak kasar, dan suaranya dicirikan dengan suara tirrrrrrr... yang relatif cukup panjang dan jarang dapat dilakukan kenari jenis lain. Dari segi kualitas suaranya kenari ini tidak dapat cukup untuk diandalkan jika ingin dikut sertakan pada kontes kejuaraan burung kicau, karena cengkok suara kenari taiwan tidak dalam, serta jarang melakukan kocokan suara, dan juga tidak begitu pandai untuk menirukan jenis suara burung lain jika ingin kita master atau isi.


2.    Kenari Gloster
Kenari ini memiliki ukuran tubuh berkisar 11 – 11,5 cm, ada dua jenis kenari Gloster yaitu; Kenari Gloster Corona, kenari jenis ini memilki ciri dengan jambul, sedang yang tidak berjambul disebut dengan kenari Gloster Consort. Kualitas suaranya tebilang cukup baik hingga sering juga dikonteskan oleh para penggemarnya suaranya tidak jauh berbeda dengan kenari jenis Holland, hanya saja volume suaranya lebih kecil dan lebih mengandalkan kocokan suara, harga jualnya hampir sama dengan kenari holland dan sangat tergantung pada kualitas suaranya, serta jumlah yang ada dipasaran pada saat itu.

3.    Kenari RRC
Kenari RRC yang ada di oasaran ukuran tubuhnya berkisar antara 12 - 13cm, fisiknya telihat lebih ramping, bulu pada umumnya berwarna kuning keputihan. Kualitas suara tergolong biasa karena suaranya tidak terlalu tebal dan kurang bersuara keras, namun jika dibandingkan dengan kenari taiwan lebih unggul kenari RRC karena memiliki badan yang lebih panjang, kocokan suara yang baik, serta terkadang memiliki cengkok yang sangat dalam, namun kenari jenis ini masih kurang bisa jika ingin diandalkan di arena kontes, tetapi lebih cocok sebagai burung penghibur yang suara enak untuk dinikmati di rumah.

4.    Kenari Holland
Ukuran kenari jenis ini memiliki panjang tubuh 13 -14 cm. Warnanya bulunya sangat beragan, kuning, kecoklatan, merah wortel dan juga merah campuran. Kenari jenis Holland juga bisa dijadikan burung lapangan di konteskan, karena ukuran suaranya memenuhi ukuran standart mutu, selain tebal dan keras, variasi suaranya juga cukup banyak, serta kocokan suaranya juga cukup baik, cengkok suaranya juga dapat mengalir berulang-ulang jika sudah terlatih dengan baik. Hal ini dikarenakan didalam tubuh kenari holan juga mengalir darah kenari border yang memiliki kualitas suara setingkat lebih baik.

5.    Kenari Yorkshire
Kenari Yorkshire berasal dari inggris, bentuk tubuh seperti wortel, kenari ini merupakan hasil silangan antara kenari dari belgia dengan kenari lancashireplai head, yaitu jenis kenari yang banyak tersebar di Inggris. Ukuran tubuhnya sekitar 16 – 17 cm.

Dipasaran saat ini sangat banyak ditemui kenari yorkshire hasil silangan dengan kenari holland dan ada juga yang menyilangkannya dengan jenis gloster, akan tetapi hasilnya masih kurang memuaskan, karena masih kalah baik kualitasnya dengan kenari yorkshire impor. Kenari  jenis ini tergolong kenari paling unggul dilapangan (arena kontes) dan keberadaannya masih sulit disaingi, terutama menyangkut kualitas suaranya, sebenarnya variasi suara yorkshire masih kalah baik dari kenari holland begitu juga dengan cengkok suaranya, namun ketebalan dan kerasnya volume suara membuat para hobiis lebih memilih kenis jenis yorkshire jika akan dikutkan kontes.

6.    Kenari silangan lokal
Seiring dengan perkembangan waktu berjalan, jenis kenari silangan lokal terus meluas berkembang ke berbagai daerah. Begitu pula dengan penggemarnya yang semakin bertambah banyak. Baik yang hanya ingin sekedar mendengarkan suaranya di rumah sampai yang ingin burung peliharaanya diikutkan di arena lomba. Mengigat di arena kontes yang ada di tanah air  masih mengutamakan suara kicauannya.
Untuk dapat menguasai arena kontes  para penggila kenari melakukan percobaan menyilangkan beberpa jenis kenari sampai muncul istilah baru yang disebut dengan kenari isian, adapun beberapa jenis kenari isian diantaranya hasil silang antara kenari Yorkshire jantan dengan betina jenis lain seperti holland dan kenari betina silangannya. Kemudian anak-anaknya yang sudah dipisah dimaster dengan suara brung kecil lainnya seperti blacktroat, edel sanger, kcamata, prenjak, dan jenis kenari lainnya.

Munculnya kenari jenis isian lebih dikarenakan sulitnya untuk mendapatkan kenari impor dengan kualitas suara kenari yang baik. Setelah muncul kenari isian yang dikonteskan dan berhasil dengan baik, maka semakin banyak bermunculan kenari-kenari silangan jenis baru, yang diantaranya adalah;  Kenari Black-Ken, hasil silang kenari blacktroat jantan dengan kenari betina jenis biasa,  Kenari Black Sang, hasil silang dari blacktroat jantan dengan edel sanger betina, kemunculan kenari jenis baru in dipelopori oleh penangkar dari Malang, dengan adanya inovasi dari para penangkar kenari  untuk mencetak kenari jenis baru, belakangan muncul kenari jenis baru yang dikenal dengan nama kenari Lizart yang di datangkan dari Jerman dan Italia. Untuk meningkatkan kualitas kenari lizart, hal ini juga dilakukan kawin silangkan dengan kenari yorkshire dan hasilnyapun cukup memuaskan. Dengan semakin banyaknya hasil silang kenari lokal daiharapkan kedepan akan ada keneari dengan ciri khas tertentu dengan disebut sebagai kenari Indonesia.




Memilih dan Merawat Kenari Bakalan

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih kenari bakalan diantaranya harus sehat dan tidak cacat. Berikut ini adalah cara mengenali kenari yang baik dan unggul
  • Dasar suara
Volume suara yang tebal, tajam, dan besar menjadi dasar pada saat memilih kenari muda atau bakalan. Khususnya untuk kenari holland dan yorkshire, sedangkan untuk kenari gloster lebih diutamakan pada ketajaman atau kerasnya suara karean suara yang keras sudah menjadi ciri khasnya. Untuk kenari taiwan dan RRC juga diupyaakn mncari tebal dan kerasnya suara. Sebaiknya hindari memilih kenari bakalan yang sebagian variasi suara yang serak, terutama jika suara kenari tersebut ingin dikonteskan.
  • Suara Andalan
Para penggemar burung kicau bias menyebut suara andalan dengan istilah “Senjata”. Akan tetapi, setiap jenis kenari memilki senjata sendiri saat mengeluarkan andalannya. Kenari yang diandalkan di arena kontes pasti selalu memiliki suara andalan. Dapat pula dikatakan bahwa suara andalan tersebut merupakan bawaan burung yang bersangkutan kemudian kita tinggal membinanya menjadi lebih baik melalui pemasteran suara.

Suara andalan pada kenari holland biasanya lebih menonjol dari pada jenis kenari lain, apalagi kenarinya benar-benar kenari impor bukan hasil dari budi daya lokal. Misalnya kenari holland mengandalkan lekukan suara dalam dan kicauan yang menggelombang; kenari yorkshire lebih mengandalkan ketajaman suaranya; kenari border mengandalkan kocokan suara.

Bagi orang-orang yang belum terlalu mengenal suara kenari, memang realtif agak sulit menggambarkan suara andalan tersebut. Suara andalan yang dikicaukan seekor kenari jarang dilakukan kenari lain sejenisnya. Mungkin untuk suara andalan burung kicau lain seperti murai batu lebih mudah untuk dipahami, karena jeritan-jeritannya yabf selalu menjadi andalannya.

Vokal suara kenari lebih berbentuk dan nanti bisa menjadi andalannya yang beragam. Hal ini sangat tergantung pada jenis kenarinya, untuk kenari gloster dan kenari holland suara andalannya berbunyi cekitttt... cekittt... itu belum tentu dapat dialkukan oleh kenari yorkshire dan kenari RRC, apalagi Taiwan. Adakalanya suara andalan kenari dilakukan dengan dengan mengeluarkan suara dalam atau lebih dikenal dengan sebutan “sedotan suara”.
  • Leher jenjang
Kenari yang memilki leher jenjang biasanya memiliki suara yang panjang. Jika sudah terlatih, variasi suara yang dikicaukan kenari akan lebih enak didengar. Selain itu, gelembung suara yang dimilikinya tampak lebih enak dilihat. Gambaran ini tidak dapat disamakan dengan kenari jenis gloster, karena memiliki leher yang pendek, ini menjadi ciri khasnya.

Dalam memilih kenari, hal yang harus diutamakan adalah kenari yang selalu menggelembungkan lehernya jika sedang berkicau. Selain kurang menarik saat dilihat jika sedang berkicau karena tidak menggelembungkan lehernya, ini juga menandakan bahwa kualitas suara yang dimiliki kurang baik.
  • Bentuk fisik
Tubuh yang panjang, besar, dadanya bidang menjadi salah satu faktor yang harus menjadi bahan pertimbangan dalam memilih kenari bakalan yang unggulan. Nantinya semua faktor itu akan berpengaruh pada penampilannya, karena ciri fisik seperti itu akan lebih menarik dilihat jika dibandingkan dengan sesama jenisnya.

Pengaruh fisik pada kenari tidak lepas dari suara dan mentalnya, umumnya kenari yang fisiknya besar memiliki volume suara besar. Mental dan keberanian berkicaupun kelak dapat diandalkan sehingga tidak mengecewakan jika akan diarahkan menjadi burung “lapangan”. Jika akan ditangkarkan kelak akan menghasilkan keturunan yang berpostur baik, dan kualitas suaranya pun biasanya akan lebih baik.
  • Paruh
Ukuran dan bentuk paruh pada kenari sangat berkaitan erat dengan tipe suara yang dimilikinya. Sekalipun demikian memang agak relatif sulit untuk menafsirkan untuk burung yang satu ini karena ukuran dan bentuk paruh pada kenari satu dengan lainnya tidak jauh berbeda, walaupn demikian jika benar-benar kita amati perbedaan akan terlihat.

Berdasarkan ukuran dan bentuknya paruh kenari dibagi menjadi tiga katagori. Masing-masing katagori memiliki keunggulan dan kelemahan:

·         Panjang
Paruh kenari akan dianggap panjang jika dicirikan bentuknya yang tampak tebal dan lengkungan paruh bagian atas terlihat lebih jelas. Dengan demikian bentuknya menjadi tidak simetris karena paruk bagian atas menutupi paruh bawahnya.
Kenari yang memiliki paruh seperti ini biasanya saat berkicau akan lebih mengandalkan suara dalam yang keras dan tajam. Jika kita amati dengan baik paruhnya akan terbuka dengan lebar pada saat berkicau.

Kelemahannya: kenari yang memiliki paruh seperti ini biasanya kurang mampu untuk mengombinasikan variasi suara terus menerus, atau lebih tepatnya lebih sering memutus variasi suaranya, walaupun burung tersebut sudah terlatih.
Kelebihannya: pada saat mengeluarkan suara-suara adalanya akan lebih jelas terdengar jika dirasakan bagi yang benar-benar memahami suara kenari, ini akan dapat menutupi kelemahannya. Kenari jenis yorkshire dan holland yang banyak memiliki paruh yang panjang.

·         Sedang
Biasanya paruh yang berukuran sedang cirinya paruh bagian atas melipat kebagian dalam dan paruhnya tidak tampak terlihat tebal. Kenari yang memiliki paruh sepert ini variasi suaranya akan cukup baik, karena mampu mengulang beberapa variasi suara sambung-menyambung terus-menerus tanpa terputus, dan jika diamati pada saat berkicau paruhnya tidak terlihat seperti terbuka.

Kelemahannya: kenari yang berparuh sedang kurang mampu menampilkan senjata suara dengan maksimal, volume suaranya tidak terlalu besar serta ketajamannyapun tidak dapat terlalu diandalkan.
Kelebihannya: kalaupun dimiliki lebih terletak pada kocokan dan tekukan suaranya. Kenari holland, gloster, RRC serta Taiwan banyak yang meiliki paruh yang berukuran sedang.

·         Pendek
Untuk paruh yang berukuran pendek biasanya akan terlihat lebih simetris antara atas dan bawah terlihat rata. Kelemahannya: suara yang dikicaukan kurang keras dan tajam atau bersuara tipis. Kelebihannya kenari jenis paruh seperti ini cukup baik jika dijadikan sebagai kenari penyanyi didalam ruangan karena suaranya yang tidak keras menjadi cukup enak jika didengar didalam ruangan, dan kenari jenis ini juga sering dijadikan burung master burung lainnya. Kenari jenis paruh seperti ini lebih mengandalkan tekukan suara seperti kenari gloster dan RRC.

  • Perilaku
Kenari bakalan yang akan dipilih hendaknya memiliki sifat yang agresif, yakni cukup lincah dalam dan sering bergerak serta tidak mengenal tempat untuk berkicau. Sebaiknya memilih kenari bakalan kenari yang rajin berkicau, selain mudah dibinan, kenari seperti ini biasanya memiliki mental yang lebih baik. Namun sifat yang diharapkan itu adalah sifat bawaan, akan baik lagi jika kenari tersebut mau berkicau dan tidak takut jika ada kenari lain yang lebih tua.

No comments:

Post a Comment